Dewan Ajak Generasi Milenial Lestarikan Budaya Lokal

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 25 Juli 2019 - 21:46 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Anggota DPRD Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Mustafa Basir mengajak generasi muda atau yang saat ini disebut generasi milenial untuk peduli dan melestarikan adat budaya serta kesenian daerah agar tidak tergerus modernisasi.

"Daerah kita banyak memiliki berbagai macam seni, baik seni musik, seni tari dan seni lainnya, ini perlu terus dilestarikan agar tetap eksis meskipun dunia semakin modern," ujarnya, Kamis, 25 Juli 2019.

Menurutnya, tak hanya dari seni tari dan musik, tetapi juga ada alam yang memilki potensi yang sangat luar biasa sehingga harus dijaga dan dilestarikan keindahan alamnya.

"Seperti keindahan hutan dan sungainya harus dijaga agar tetap asri serta kuliner khas daerah juga harus tetap dilestarikan," ungkapnya.

Ia ingin berbagai kesenian daerah dan keindahan alam serta kulinernya jangan sampai hilang begitu saja. Sudah menjadi tugas bersama agar generasi muda menjaga dan melestarikannya. Maka dalam hal ini perlu adanya peningkatan sumber daya manusia (SDM) yang ada.

"Apalagi saat ini hampir di seluruh wilayah Kobar telah tersedia layanan internet, atau Wifi gratis sehingga membuat generasi muda dapat mengetahui dan mempelajari berbagai kesenian dari daerah lain" tandasnya. 

Menurut Basir, generasi muda boleh mempelajari berbagai kesenian daerah lain, namun yang paling utama mereka harus bisa menjaga kesenian daerah sendiri. 

Basir juga mengapresiasi langkah Lurah Raja Rangga Lesmana atas inovasi dan terobosannya dapat menciptakan tempat wisata baru. Serta ide-ide cemerlangnya bisa memberikan dampak pada generasi muda, dengan memperkenalkan kesenian daerah serta adat dan budaya masyarakat setempat, termasuk kulinernya. (DANANG/B-2)

Berita Terbaru