Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Katingan belum Tetapkan Status Siaga Bencana Karhutla

  • Oleh Abdul Gofur
  • 26 Juli 2019 - 12:16 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Meski kebakaran lahan di sejumlah wilayah mulai terjadi, hingga kini Kabupaten belum menetapkan status siaga bencana kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla.

"Hingga sejauh ini Pemkab Katingan belum menetapkan status siaga bencana Karhutla. Meski demikian kami tetap siaga dan terjun ke lapangan jika sewaktu-waktu ada kebakaran lahan itu terutama di wilayah Katingan Hilir," kata Kasi Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Katingan, Andri, Jumat, 26 Juli 2019.

Namun demikian, kata Andri, berdasarkan informasi yang diperoleh bahwa Pemkab Katingan bakal menetapkan status siaga bencana Karhutla itu pada 1 Agustus 2019 mendatang.

Sejauh ini, kata Andri, sedikitnya ada tiga lokasi yang sebelumnya terbakar. Yaitu lahan kosong di Jalan Galunggung, Kelurahan Kasongan Lama, kemudian di bahu Jalan Trans Kalimantan antara Bukit Batu dengan Desa Hampangen dan lahan kosong di Jalan Soekarno-Hatta sekitar Jembatan Sungai Salak.

"Sebelumnya lahan di tiga tempat ini mengalami kebakaran, dan kami bersama pihak terkait seperti Manggala Agni, TNI dan anggota Kepolisian terlibat memadamkan kebakaran di tiga wilayah tersebut," katanya.

Andri menambahkan, saat ini belum ada laporan masuk mengenai Karhutla, terutama di wilayah Katingan Hilir. "Yang jelas kalau nanti status siaga bencana Karhutla sudah ditetapkan, maka di kantor ini aka ada tim gabungan yang stanby dan patroli termasuk melakukan sosialisasi larangan membakar lahan kepada masyarakat," imbuhnya. 

Sementara itu, sedikitnya ada 10 mobil pemadam milik BPBD Kabupaten Katingan yang disiapkan mengantisipasi Karhutla itu. Saat ini ke 10 unit mobil tersebut terparkir di halaman kantor BPBD jalan arah Tumbang Liting. (ABDUL GOFUR/B-2)

Berita Terbaru