Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Harus Aktif Kawal Dana Bagi Hasil Pajak Kendaraan Bermotor

  • Oleh Naco
  • 30 Juli 2019 - 19:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua Komisi I DPRD Kotawaringin Timur, Handoyo J Wibowo mendorong agar Pemkab Kotim aktif mempertanyakan dan mengawal dana bagi hasil pajak kendaraan bermotor. 

Pasalnya pajak itu masuk ke pemerintah provinsi sehingga pemerintah kabupaten hanya menunggu perhitungan dari Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi.

Politisi Partai Demokrat ini menegaskan  selama ini potensi pendapatan dari pajak kendaran bermotor sangat besar. Setiap tahunnya selalu jadi pemasok bagi pendapatan dengan angka yang signifikan.  

Dia sepakat jika potensi pendapatan dari sektor  pajak kendaraan bermotor ini masih bisa dimaksimalkan. Sebab, banyak angkutan dan kendaraan yang beroperasi di Kotim bernomor luar Kalteng.

"Kendaraan plat luar wajib plat KH dan itu harus bisa dilaksanakan berkelanjutan secara maksimal," kata Handoyo, Selasa, 30 Juli 2019.

Upaya itu kata dia harus dilakukan supaya kendaraan dari luar daerah bayar pajaknya di Kalteng. Apalagi mereka menggunakan fasilitas jalan di sini.

"Jangan hanya mereka kerja dan cari makan di daerah kita saja tapi juga harus ikut bertanggung jawab dengan daerah ini, jangan hanya bisa pakai jalan umum dan rusak tapi tanggung jawab bayar pajaknya ke daerah lain,” tukasnya.

Dana bagi hasil dari pemerintah provinsi  harus dikawal dengan begitu bisa mengukur secara berkala pendapatan dan proyeksi pendapatan kedepannya sehingga bisa mengambil langkah-langkah konkrit untuk terus menaikan pendapatan. (NACO/B-5)

Berita Terbaru