Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kapuas Apresiasi Peran Parpol dalam Meningkatkan Partisipasi Pemilih

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 31 Juli 2019 - 13:02 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kapuas Masrani menyampaikan terima kasih kepada partai politik peserta pemilu 2019 yang baru saja diselenggarakan dengan aman dan sukses.

Masrani juga memberikan apresiasi atas peran aktif dari partai politik sehingga partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilih di Kabupaten Kapuas mengalami peningkatan.

"Karena tingkat partisipasi pada Pemilu 2019 mencapai 74 persen dengan peningkatan 10 persen dari pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kapuas tahun 2018 yaitu 64 persen," ucap Masrani di sela sosialisasi bantuan keuangan parpol di Kuala Kapuas pada Rabu, 31 Juli 2019.

Selain itu, Masrani menyampaikan, sosialisasi bantuan keuangan parpol merupakan wujud implementasi peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia tentang pedoman tata cara perhitungan penganggaran dalam APBD dan tata tertib administrasi pengajuan.

Disertai dengan penyaluran dan laporan pertanggungjawaban penggunaan bantuan keuangan partai politik. "Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas administrasi pengelolaan dan pemanfaatan keuangan bantuan keuangan bagi partai politik sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku," katanya.

"Partai politik merupakan kedaulatan rakyat dan juga aset negara serta merupakan wadah guna menampung aspirasi rakyat dalam mengembangkan kehidupan demokrasi dan menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945," lanjutnya.

Oleh karena itu menurut dia, guna mendukung kehidupan berdemokrasi, pemerintah perlu memberikan bantuan keuangan kepada partai politik. "Yang bertujuan untuk membantu kelancaran administrasi sekretariat partai politik," ucapnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-2)

Berita Terbaru