Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Tujuan Pemberian Materi Non Fisik Bagi Peserta Diklat Paskibra

  • Oleh Wahyu Krida
  • 01 Agustus 2019 - 10:52 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Selain mendapatkan latihan baris berbaris agar anggota Paskibra  siap melaksanakan tugasnya dalam menaikkan bendera Merah Putih dalam Upacara HUT ke 74 Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2019, peserta juga mendapatkan materi untuk membentuk karakter individu mereka sebagai generasi penerus bangsa.

Koordinator Pelatih Paskibra yang menjabat sebagai Kasi Kepemudaan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), Jamri, Kamis, 1 Agustus 2019 menjelaskan tujuan pemberian materi non fisik yaitu pembekalan dari berbagai Kepala Instansi baik dilingkungan Pemkab Kobar dan lainnya.

"Pemateri bagi peserta Diklat Paskibra mulai dari Bupati dan Wakil Bupati Kobar tentang wawasan kebangsaan dan kepemimpinan, dari DPRD Kobar tentang pengetahuan dasar perpolitikan, keagamaan dari Kemenag Kobar hingga materi tentang  lingkungan  dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kobar," jelas Jamri.

Menurut Jamri, tujuan pembekalan materi non fisik tersebut, diharapkan nanti para peserta mampu menjadi agen perubahan yang baik,  paling tidak dilingkungan sekolah mereka sendiri.

"Karena anggota Paskibra dipilih dari berbagai sekolah di Kabupaten Kobar. Harapannya 1 orang anggota Paskibra bisa mensosialisasikan mengenai materinyang disampaikan pada 10 orang temannya di sekolah dan lingkubgabrenlat tinggalnya," jelas Jamri.

Sehingga, lanjut Jamri, dengan  total 72 orang anggota Paskibra, mampu menyampaikan sosialisasi mengenai wawasan kebangsaan dan lainnya bagi 720 orang dilingkungan terdekatnya.

"Dengan demikian kita juga bisa menyebarluaskan mengenai banyak hak diantaranya penanggulangan narkoba, wawasan kebangsaan pada generasi muda dengan cara yang lebih efektif yaitu melalui pergaulan dan interaksi keseharian mereka," jelas Jamri. (WAHYU KRIDA/B-5)

Berita Terbaru