Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pacitan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Marukan: Musyawarah Kerja dan Pengukuhan Presidium Jadi Langkah Strategis Pembentukan Provinsi Kotawaringin

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 05 Agustus 2019 - 20:12 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Musyawarah kerja atau Musker dan Pengukuhan Presidium Daerah Persiapan Provinsi Kotawaringin atau DP2K yang berlangsung Senin, 5 Agustus 2019 di Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur dinilai sebagai langkah strategis dalam upaya mewujudkan Provinsi Kotawaringin.

Hal itu diungkapkan mantan Bupati Lamandau 2 periode yang juga merupakan Sekretaris Tim Formatur Presidium Daerah Persiapan Provinsi Kotawaringin, Marukan.

Menirut Marukan, banyak tahapan yang harus dilalui dalam mewujudkan Provinsi Kotawaringin ini.

Saat ini 5 daerah di wilayah Kalimantan Tengah meliputi Kotawaringin Barat, Kotawaringin Timur, Seruyan, Lamandau dan Sukamara sudah sepakat untuk membentuk Provinsi Kotawaringin.

Selanjutnya 5 daerah ini juga sudah sepakat bahwa Ibukota Provinsi Kotawaringin berada di wilayah Hanau, Kabupaten Seruyan. 

"Kami harus bekerja keras, karena memang kami menargetkan untuk mewujudkan Provinsi Kotawaringin ini dan yang saat ini kita lakukan yakni Musyawarah Kerja dan pengukuhan presidium DP2K adalah langkah strategis, yang sangat penting dan sangat menentukan dalam tahapan pembentukan provinsi baru itu," katanya.

Marukan menjelaskan karena 5 daerah ini sudah sepakat, maka dibentuklah Presidium Daerah Persiapan Provinsi Kotawaringin.

Presidium ini berasal dari perwakilan setiap kabupaten yang menyatakan diri untuk berkomitmen dalam membentuk Provinsi Kotawaringin.

Setelah dikukuhkan, presidium memiliki tanggung jawab sepenuhnya dalam memenuhi persyaratan pembentukan Provinsi Kotawaringin. 

"Tugasnya menjadi presidium ini mengawal dan menyiapkan banyak syarat dalam pembentukan Provinsi Kotawaringin ini. Selanjutnya presidium meminta rekomendasi dari DPRD Provinsi Kalteng serta gubernur sebelum diajukan ke pusat." tegasnya.

Berita Terbaru