Kebakaran Hutan dan Lahan Mulai Mengepung Pangkalan Bun

  • Oleh Wahyu Krida
  • 07 Agustus 2019 - 14:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kebakaran hutan dan lahan mulai mengepung di Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Kotawaringin Barat (Kobar).

Berdasarkan data dari Manggala Agni Daops III Pangkalan Bun, Rabu, 7 Agustus 2019 terdapat beberapa lokasi karhutla yang tersebar di Pangkalan Bun.

"Semalam sebelumnya karhutla terjadi di RT 26 , Tatas, Kelurahan Baru. Untuk luasan lahan belum kita petakan, lantaran masih proses pemadaman," jelas Kepala Daops III Manggala Agni Pangkalan Bun Binsar Oktavianus Togatorop.

Selain itu, lanjut Binsar, hari ini juga ditemukan karhutla di dekat Perumahan Pinang Merah, dekat kompleks Sekolah Al-Manar Kelurahan Madurejo Kecamatan Adut Selatan (Arsel) dan di Desa Sungai Kapitan Kecamatan Kumai.

"Selain itu karhutla juga ditemukan di Km 15 Mendawai Seberang, Jalan Pangkalan Bun - Kotawaringin Lama (Kolam)," jelas Binsar.

Rata-rata menurut Binsar lokasi larhutla tersebut terkendala susahnya air untuk memadamkan api.

"Seperti karhutla yang terjadi di daerah Tatas. Mencegah agar api tidak mendekati instalasi PDAM, maka kita membuat sekat dengan membasahi lahan yang terbakar didekatnya. Hari ini kegiatan pemadaman masih kita lakukan bersama tim penanggulangan karhutla lainnya," jelas Binsar. (WAHYU KRIDA/B-2)

Berita Terbaru