DKPP Sukamara Periksa Kesehatan 111 Hewan Kurban 

  • Oleh Norhasanah
  • 08 Agustus 2019 - 20:22 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Kepala Bidang Peternakan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Sukamara, Syamsir Hidayat telah memeriksa 111 ekor hewan kurban.

"Yakni 62 ekor sapi dan 49 ekor kambing. Dari semua hewan kurban yang kita periksa telah dinyatakan sehat dan layak dipotong saat hari raya kurban tahun ini," ucap Syamsir Hidayat, Kamis, 8 Agustus 2019.

Hasil dari pendataan tim peternakan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Sukamara, rata-rata hewan kurban yang dijual peternak sudah memiliki Surat Keterangan Asal (SKA).

"Dari pemeriksan yang dilakukan oleh dokter hewan dan kepada pemilik ternak sudah diberikan Surat Keterangan Kesehatan Asal Hewan (SKKH)," katanya.

Syamsir mengimbau apabila hewan ternak yang akan dijual belum diperiksa kesehatannya, maka penjula bisa segera menghubungi pihaknya agar mendapat Surat Keterangan Kesehatan Hewan.

"Kepada penjual ternak yang terbaknya masih belum di periksa untuk segera menghubungi dinas agar mendapat SKKH, dimana SKKH ini menerangkan jenis ternak, jumlah jantan dan betina, pernyataan bebas dari penyakit infeksius dan zoonosis. Selain  itu juga menjelaskan nama pemilik ternak, alamata serta memuat pernyataan layak atau tidaknya dilakukan penyembelihan," jelasnya. (NORHASANAH/B-6)

Berita Terbaru