Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DKPP Sukamara Diminta Tingkatkan Sosialiasi Pemanfaatan Alat Berat untuk Buka Lahan Pertanian

  • Oleh Norhasanah
  • 09 Agustus 2019 - 19:16 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Meminimalisasi kasus kebakaran hutan dan laha (karhutla) di Kabupaten Sukamara diharapan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) melakukan sosialiasi pemanfaatkan alat berat dalam pengelolaan lahan pertanian.

"Saya berharap kepada masyarakat untuk memanfaatkan keberadaan alat berat yang disediakan pemerintah untuk mengolah lahan pertanian yang bertujuan menghindari pembakaran lahan," pinta Wakil Bupati Sukamara, Ahmadi, Jumat, 9 Agustus 2019.

Untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat mengenai kegunaan alat berat tersebut, dinas terkait harus mensosialisasikannya kepada petani yang ada, sehingga membuka lahan dengan cara membakar tidak lagi dilakukan.

"Dinas terkait harus menjelaskan secara detail terkait penggunaan alat berat ini kepada masyarakat terutama kepada kepala desa agar petani bisa mengolah lahan dengan alat tersebut," tuturnya.

"Selain dinas, kepala desa  juga harus berperan aktif dalam masalah ini, dimana kelompok tani yang ada diwilayah kita bisa memanfaatkan semaksimal mungkin fasilitas yang telah diberikan," harapnya.

Dengan disediakannya bantuan alar berat untuk mengolah lahan pertanian maka diharapkan pembukaan lahan yang dilalukan oleh petani tidak lagi menggunakan sistem membakar lahan yang dapat mengakibatkan kebakaran yang lebih luas.

"Ini adalah salah satu solusi untuk menghindari kebakaran lahan yakni dengan membuka lahan menggunakan alat berat," ujarnya. (NORHASANAH/B-6)

Berita Terbaru