Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Begini Cara Frans Mengolah Kerajinan dari Getah Nyatu

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 16 Agustus 2019 - 12:42 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Fransius atau biasa dipanggil Frans salah satu perajin getah nyatu yang ada di Jalan Pemuda Kuala Kapuas ini tetap setia menggeluti usaha di bidang kerajinan getah nyatu selama 10 tahun terakhir ini.

Hasilnya, kerajinan berbahan dasar dari getah pohon nyatu olahannya beragam, kebanyakan dibuat miniatur kapal atau perahu, gantungan kunci hingga berbentuk batang garing sebagai produk utama.

Bukan perkara yang mudah dalam mengolah getah nyatu, diperlukan ketelitian dan ketelatenan agar hasilnya dapat memiliki nilai ekonomis.

Frans menceritakan, dalam membuat olahan dari getah nyatu ada beberapa tahapan cukup panjang, mulai dari melunakkan getah nyatu yang sudah dibersihkan dengan cara direndam pada air rebusan dalam panci di atas kompor menyala.

"Ini agar getah nyatunya lunak, lalu mudah dibuat berbagai bentuk sesuai kebutuhan. Kalau sudah lunak begini, dijadikan apa saja bisa, sesuai permintaan pembeli," ucap Frans, 16 Agustus 2019.

Kemudian dibentuk, ada yang didasarkan pada cetakan, maupun hasil dari keterampilan jari-jemari dalam frans mengolahnya, selanjutnya diberikan warna yang sesuai dengan olahan.

"Juga ada getah nyatu yang sudah dicampur pewarna, tergantung motif apa yang ingin dibuat akan disesuaikan," katanya.

Terakhir hasil olahan getah nyatu tersebut didiamkan dan akan mengeras sendirinya. "Getah nyatu ini memang bagus, keras dan tahan lama untuk produk jadi yang sudah diolah, bisa bertahan bertahun-tahun," tuturnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-2)

Berita Terbaru