Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sejumlah Bangunan di Muara Teweh Porakporanda Diterpa Angin Kencang

  • Oleh Ramadani
  • 16 Agustus 2019 - 14:20 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Hujan disertai angin kencang melanda kota Muara Teweh dan sekitarnya. Kondisi ini membuat sejumlah bangunan dan rumah ibadah porakporanda.

Kejadian pada Kamis malam, 15 Agustus 2019, tersebut menyebabkan banyak atap rumah warga terbang bersama angin. Bahkan ada bangunan yang roboh. Banyak pohon tumbang dan listrik sempat padam.

Kepala Stasiun meteorologi BMKG Beringin Muara Teweh, Sudarmono, Jumat 16 Agustus 2019 menjelaskan, kejadian hujan disertai angin kencang pada pukul 19.00 - 20.00 WIB dipicu adanya eddy (pusaran angin) dari berbagai arah dan terkumpul di wilayah Muara Teweh. 

Sedangkan awan hujan atau Cumulonimbus dan Thunderstorm yang terjadi, berasal dari daerah Barito Selatan dan Barito Timur yang menuju dan turun di wilayah MuaraTeweh, sehingga terjadi hujan disertai angin kencang. 

“Awan Cumulonimbus kiriman dari daerah Barsel dan Bartim tersebut akibat pemanasan lokal (daerah tersebut suhu udara jauh lebih tinggi dari daerah sekitarnya) yang memicu trjadinya awan konvektiv,” terangnya. 

Saat ini masih angin timuran yang berasal dari laut Jawa. Di mana saat ini suhu permukaan laut 27 derajat celcius. 

“Pada suhu 27 derajat masih berpotensi terjadinya pembentukan awan-awan hujan. Suhu Muka Laut  dibawah 27 derajat celcius sulit untuk terjadinya pembentukan awan hujan seperti di Samudera Indonesia Selatan Jawa,’ katanya. (RAMADHANI/B-5)

Berita Terbaru