Kapolres Kotawaringin Timur Cek Lokasi Kebakaran Lahan

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 19 Agustus 2019 - 21:06 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kapolres Kotawaringin Timur (Kotim) Mohammad Rommel memantau langsung kebakaran hutan dan lahan, Senin, 19 Agustus 2019. Salah satunya di Jalan Tjilik Riwut Km 10, perbatasan antara Kecamatan Baamang - Kota Besi.

"Hari ini bersama Satgas Karhut Kabupaten, Satgas Karhutla Polres Kotim, Polsek Baamang, kami memantau kebakaran lahan. Tadi juga ada kita pantau menggunakan drone," kata Rommel.

Pemantauan tersebut dilakukan sebagai upaya untuk memastikan api tidak menyebar, sekaligus melakukan upaya pemadaman. Polisi Selain itu juga melakukan penyelidikan, penyebab terjadinya kebakaran lahan tersebut.

"Kebakaran ini masih kami selidiki, guna mengetahui luasan lahan yang terbakar. Intinya kami juga akan terus membantu tugas personel Satgas Karhutla Kabupaten Kotim," kata Rommel.

Sementara, pihaknya saat ini terus melakukan penanganan terhadap Karhutla yang terjadi di Kotim. Bahkan sudah ada 4 tersangka yang ditetapkan.

"Kembali kami ingatkan, agar jangan ada warga Kotim yang membakar lahan untuk alasan apapun. Kalau ditemukan, pasti akan kami tindak sesuai hukum yang berlaku," tegas Rommel.

Selain itu, pihaknya juga telah memasang garis polisi di 71 tempat kejadian kebakaran lahan. Untuk memudahkan proses penyelidikan lahan yang terbakar.

Saat ini kebakaran lahan di Kotim sudah mulai berkurang. Terlebih hujan mulai mengguyur sejumlah kecamatan. Warga pun berharap hujan segera reda. (MUHAMMAD HAMIM/B-11) 

Berita Terbaru