Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lahan Terbakar Diusulkan Diubah Menjadi Lahan Produktif

  • Oleh Naco
  • 20 Agustus 2019 - 20:36 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota DPRD Kotawaringin Timur H Rudianur mendorong agar lahan yang terbakar dijadikan lahan produktif. Setidaknya ditanam pohon yang memiliki nilai ekonomis. 

Rudianur meminta kepada Dinas Pertanian Kabupaten Kotim untuk segera membuat usulan anggaran agar dapat dimasukkan ke dalam APBD Murni 2020.

"Pemanfaatkan lahan bekas terbakar menjadi lahan produktif merupakan salah satu cara tepat untuk mencegah terbakarnya kembali lahan itu di musim kering berikutnya," kata dia, Selasa, 20 Agustus 2019.

Pemerintah daerah, kata dia, diharapkan memberikan perhatian serius terkait rencana tersebut, baik dari segi perizinan pemanfaatan lahan maupun anggaran.

"Kami juga sangat setuju dengan rencana Dinas Pertanian  Kotim  yang akan mengubah lahan tersebut menjadi sawah," tukasnya.

Bahkan menurut dia, mereka siap membantu memperjuangkan dalam pengalokasian anggarannya pada APBD Murni 2020 nantinya.

DPRD kata dia, pasti akan mendukung dan memperjuangkan rencana itu, berapa pun anggaran yang dibutuhkan. Jika tidak mampu di anggaran sekali maka akan diupayakan bertahap.

Lahan yang terbakar di daerah ini, kata dia, sekitar 200 hektare. Total luasan lahan yang terbakar tersebut, 100 hektare di antaranya berpotensi dapat dimanfaatkan untuk cetak sawah.

"Pemanfaatan lahan bekas terbakar diharapkan juga dapat membantu program pemerintah dalam swasembada pangan," pungkasnya. (NACO/B-2)

Berita Terbaru