Sekda Kalimantan Tengah Hadiri Rakor Kelompok Kerja Pengarusutamaan Gender

  • Oleh Budi Yulianto
  • 27 Agustus 2019 - 13:22 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah, Fahrizal Fitri menghadiri rapat koordinasi Kelompok Kerja Pengarusutamaan Gender atau Pokja PUG di Palangka Raya, Selasa, 27 Agustus 2019.

Dalam sambutannya sekda mengatakan kegiatan tersebut merupakan suatu hal yang strategis dalam rangka mempercepat pelaksanaan pengarusutamaan gender di Bumi Tambun Bungai ini.

Sekda mengingatkan agar seluruh SOPD Provinsi Kalteng, kabupaten dan kota wajib membentuk kelembagaan PUG. Hal ini sesuai dengan Permendagri Nomor 15 Tahun 2008 sebagaimana telah dirubah menjadi Permendagri Nomor 67 Tahun 2011 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender di Daerah.

"Kelembagaan dimaksud ditetapkan gubernur, bupati dan wali kota secara seragam yang diamanatkan sebagai Ketua Pokja PUG adalah Kepala Bappeda," katanya.

"Selanjutnya kepala OPD yang membidangi tugas pemberdayaan perempuan ditunjuk sebagai sekretaris Pokja PUG dengan anggota Pokja PUG terdiri atas seluruh kepala OPD provinsi, kabupaten dan kota," imbuhnya.

Sekda menambahkan pengarusutamaan gender merupakan strategi yang dilakukan pemerintah pusat dan daerah guna terselenggaranya perencanaan, penyusunan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi atas kebijakan dan program pembangunan yang berperspektif gender, sesuai dengan bidang tugas dan fungsinya dalam rangka mencapai kesejahteraan masyarakat, baik laki-laki maupun perempuan. (BUDI YULIANTO/B-6/Adv)

Berita Terbaru