Ini Harapan Bupati Katingan Soal SMP Garuda Berubah Jadi Sekolah Negeri

  • Oleh Abdul Gofur
  • 29 Agustus 2019 - 16:50 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Bupati Katingan Sakariyas meresmikan SMPN 4 Pulau Malan di Desa Tumbang Banjang, Kamis, 29 Agustus 2019.

Sebelumnya SMPN 4 Pulau Malan ini adalah sekolah swasta bernama SMP Garuda Desa Tumbang Banjang Kecamatan Pulau Malan.

Selama 30 tahun sekolah ini menjadi andalan pendidikan tingkat SLTP bagi tiga desa, yakni Tumbang Banjang, Manduing Lama, dan Desa Manduing Taheta.

Terkait perubahan status dari swasta ke negeri, Bupati Katingan Sakariyas saat peresmian berharap agar SMPN 4 Pulau Malan ini nantinya dapat menjadi pusat pendidikan peserta didik jenjang menengah pertama di wilayah Kecamatan Pulau Malan.

"Sehingga guru atau tenaga pendidik dapat mencetak calon-calon pemimpin masa depan yang produktif, kompetitif, inovatif, visioner serta berakhlak mulia," harapnya.

Selain itu keberadaan SMPN 4 Pulau Malan ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat dalam meningkatkan pendidikan.

Status negerinya SMPN 4 Pulau Malan ini, imbuh Sakariyas diharapkan juga mampu melahirkan generasi yang unggul dengan mendidik dan mengembangkan generasi yang berbudi luhur tinggi, terampil dan cerdas. "Harapan saya juga sekolah ini juga menghadirkan insan-insan pendidik yang tulus mengajarkan peseta didik akan ilmu pengetahuan baik umum maupun nilai-nilai keagamaan," imbuhnya. 

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten, Katingan M Hasrun mengatakan, di wilayah Kabupaten Katingan sejauh ini masih ada beberapa sekolah swasta, baik tingkat TK, SD, SMP maupun SMA.

"Harapan kita nantinya untuk sekolah-sekolah tingkat SD maupun SMP yang statusnya masih swasta bisa ditingkatkan lagi menjadi sekolah negeri," katanya. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru