Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

14 Tim Ikuti Lomba Memasak Lamang

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 31 Agustus 2019 - 13:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Keseruan Festival Budaya Marunting Batu Aji (FBMBA) masih berlanjut. Hari ini (Sabtu, 31 Agustus 2019), sebanyak 14 peserta ikuti lomba memasak tradisional yaitu memasak lamang atau lemang. Lokasi lomba di Pangkalan Bun Park, Kota Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat.

Kategori dalam lomba ini ialah umum artinya tidak ada ketentuan umur. Dalam melamang (memasak lemang) panitia memberi waktu empat jam, dari mulai start sampai penyajian.

Pantauan Borneonews, peserta lomba merupakan gabungan dari guru dan pelajar SMP dan SMA di Kobar.

Peserta dari SMAN 3 Pangkalan Bun, Ridho Adi Saputra, 16, mengatakan, sekolahnya mengirim dua tim, yaitu tim A dan tim B. Dirinya berada di tim B. 

"Satu tim ini ada 5 orang, 3 orang laki - laki dan 2 perempuan," ujarnya.

Adapun pembagian tugasnya ialah laki - laki bagian memasak dan perempuan menyajikan. 

Lamang ialah beras ketan yang dicampur santan dan diberi garam, lalu di masak dengan menggunakan bambu. Proses masaknya membutuhkan waktu sekitar dua jam.

"Jadi rasanya itu gurih ketan, dan nanti dihidangkan bersama lauk dan lainnya," ungkapnya.

Ridho mengaku sangat antusias mengikutu lomba masak lamang. Lantaran ini merupakan budaya tradisional masyarakat Kalteng yang harus dilestarikan. 

"Kami sebagai pemuda tentunya bangga bisa mengikuti lomba ini. Setidaknya bisa ikut melestarikannya. Semoga budaya ini tidak akan punah," tuturnya. (DANANG/B-3)

Berita Terbaru