Pembangunan Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama Kalimantan Sudah 90 Persen

  • Oleh Budi Yulianto
  • 01 September 2019 - 22:02 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Progres pembangunan Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama atau ITS NU Kalimantan di Jalan RTA Milono Km 3,5 Palangka Raya dipastikan sudah 90 persen.

"Insya Allah kita resmikan pertengahan 2020 atau menerima siswa baru tahun ajaran 2020/2021," kata Rois Syuriah PWNU Kalteng, KH Anwar Isa didampingi Ketua PWNU Kalteng, Wahyudie F Dirun beserta pengurus lainnya, Minggu, 1 September 2019.

Sementara Ketua TIm Kerja Pendirian ITS NU, Abdul Mukti menambahkan, persiapan sampai sejauh ini sudah 90 persen. Studi kelayakan sudah disusun, begitu juga persyaratan perguruan tinggi.

"Kendalanya cuma satu saja. Tenaga dosen yang kompeten. Untuk mengatasi itu, besok kami akan ke Jakarta," imbuhnya.

Abdul Mukti menambahkan, ada beberapa program studi yang telah disiapkan. Yaitu Teknologi Informasi, Teknik/Rekayasa Komputer, Fisika dan Teknik/Rekayasa Industri. Juga disiapkan program studi Teknik Lingkungan.

Dia menuturkan, keberadaan ITS NU nantinya dapat menampung para alumni khususnya lulusan pondok pesantren. Harapannya adalah mencetak generasi lulusan ITS NU untuk dapat mengajar pada SMK yang ada di pondok pesantren di Kalteng.

Setiap mahasiswa baru di ITS NU nantinya juga akan ditempatkan pada asrama selama 1 tahun. Ia juga optimistis ITS NU bisa eksis di Provinsi Kalteng.

Sebelumnya, Wahyudie mengatakan, berdirinya ITS NU sudah mendapat restu dari Menteri Riset, Tekhnologi dan Pendidikan Tinggi atau Menristekdikti, Mohammad Nasir. Bahkan ketika berkunjung ke Palangka Raya pada Jumat, 30 Agustus 2019, Nasir menyempatkan meninjau lokasi pembangunannya.

"Intinya menteri menyambut baik dan beliau mengatakan optimis menunggu persyaratan lainnya. Jadi besok (Senin) kami akan ke Jakarta menyampaikan persyaratan sisanya," ucapnya. (BUDI YULIANTO/B-11)

Berita Terbaru