Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Humbang Hasundutan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ditlantas akan Intensif Terapkan Sistem Hunting Dalam Operasi Patuh 

  • Oleh Arnoldus Maku
  • 02 September 2019 - 21:10 WIB

BORNEONEWS,  Palangka Raya - Dalam pelaksanaan operasi patuh yang sudah memasuki hari keenam, Ditlantas Polda Kalteng akan intensif menerapkan sistem hunting atau berpindah-pindah tempat.

Razia diadakan untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas, sekaligus aksi curanmor. Disisi lain, operasi ini untuk memberikan edukasi agar warga meningkatkan kesadaran dalam ketertiban berlalu lintas.

“Kita akan terapkan operasi dengan sistem hunting. Jadi setiap kali operasi tidak hanya berada di satu titik saja, melainkan akan berpindah ke lokasi lain pada hari yang sama,” kata Kabid Bin Gakum Ditlantas Polda Kalteng,  AKBP Titis Bangun,  Senin 2 September 2019.

Menurutnya, operasi dengan sistem hunting ini akan menentukan lokasi tertentu secara acak di semua wilayah Polda Kalteng umumnya dan Palangka Raya khususnya. Titik yang ditentukan dinilai sebagai lokasi yang dianggap rawan kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas lainnya.

“Kami akan melakukan secara proaktif dengan sistem hunting. Pada operasi patuh ini, tindakan refresif akan dilakukan lebih banyak dengan presentasi mencapai 60 persen dan sisanya preventif 20 persen dan edukatif 20 persen,” sebutnya.

Intinya operasi patuh ini dilakukan untuk menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas. Semoga para pengendara memiliki kesadaran tertib berlalu lintas, dan selalu melengkapi surat-surat kendaraan mereka saat berkendara.

Dia menyebutkan, sejumlah sasaran yang ditindak tegas yakni pelanggaran kasat mata seperti tak memakai helm, tidak ada kelengkapan surat-surat kendaraan, pengemudi dibawah umur, melawan arus, menggunakan ponsel saat berkendara, hingga tidak memakai sabuk keselamatan.

“Lalu bagi pengendara yang berada dalam pengaruh alkohol akan ditindak. Termasuk penggunaan lampu strobo dan sirine menjadi target operasi kami,” tutupnya. (ARNOLD/B-5) 

Berita Terbaru