Tahap Pertama Pembangunan Jembatan Layang di Bukit Rawi 800 Meter

  • Oleh Muhammad Badarudin
  • 04 September 2019 - 16:12 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Pembangunan jembatan layang atau pile slab di Desa Bukit Rawi, Kecamatan Kahayan Tengah, Kabupaten Pulang Pisau telah dimulai. Tahun ini akan dibangun 800 meter dulu. Sisanya dilanjutkan tahun depan.

Pembangunan jembatan layang ini rencananya akan dikerjakan secara bertahap. "Panjang jembatan yang akan dibangun sekitar 3.100 meter," kata Camat Kahayan Tengah, Leting.

"Mungkin sisanya akan dilanjutkan tahun depan," kata Leting, Rabu, 4 September 2019 siang di aula Kantor Bappedalitbang Pulang Pisau. 

Dia mengatakan saat ini pembangunan yang 800 meter sudah terbangun sekitar 500 meter. Sementara itu para pengendara masih menggunakan jalan yang ada di samping bawah jembatan. 

"Arus lalu lintas cukup lancar. Pembangunan jembatan tidak terlalu mengganggu pengguna jalan," ujarnya. 

Leting mengungkapkan pembangunan jembatan pile slab dilakukan akibat banjir yang sering terjadi di ruas jalan tersebut, sehingga sangat membahayakan bagi pengendara.

"Kalau musim hujan pasti terjadi banjir. Jalannya tenggelam dan kondisi jalannya juga rusak," ungkapnya. 

Bahkan kalau sudah banjir pasti macet hingga 1 3 kilo meter. Parahnya, jika sudah banjir itu ada yang sampai tidak bisa melintas kendaraan roda dua. 

"Sehingga terpaksa harus menggunakan feri dadakan yang tentunya menambah kos biaya bagi pengendara," tutupnya. (M.BADARUDIN/B-6)

Berita Terbaru