Barito Selatan Berupaya Wujudkan Kabupaten Layak Anak

  • Oleh Uriutu
  • 05 September 2019 - 16:36 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Selatan berupaya mewujudkan sebagai salah satu kabupaten layak anak sebagai bentuk untuk mengakomodasi hak anak.

Demikian disampaikan Wakil Bupati Barito Selatan, Satya Titiek Atyani Djoedir seusai peringatan Hari Anak Nasional ke 35 di Gedung Pertemuan Umum Jaro Pirarahan Buntok, Kamis, 5 September 2019.

“Saya harap program ini sebagai salah satu langkah komitmen kita dalam memenuhi hak anak agar terwujudnya sebagai kabupaten layak anak,” katanya.

Dengan adanya kebijakan Kabupaten Layak Anak ini diharapkan mulai dari kabupaten hingga kecamatan, kelurahan dan desa mengembangkan sistem pembangunan berbasis anak.

Hal itu sebagai implementasi dari konvensi hak anak yang dijabarkan ke dalam 5 klaster yakni hak sipil dan kebebasan, lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, kesehatan dasar dan kesejahteraan, pendidikan, pemenfaatan waktu luang dan kegiatan budaya serta perlindungan khusus.

“Untuk itu saya meminta kepada dinas terkait untuk ikut berperan dibidang masing-masing untuk mewujudkan kabupaten layak anak,” pintanya.

Ia menjelaskan seperti dinas pendidikan agar membuat contoh sekolah ramah anak, sedangkan dinas kesehatan agar membuat puskesmas ramah anak serta Dishub agar secepatnya merealisasi pembentukan zona sekolah aman.

Semua itu, merupakan salah satu indikator agar bisa menjadi kabupaten layak anak. Sesuai dengan program Presiden RI bahwa 2030 Indonesia sebagai negara ramah anak. (URIUTU DJAPER/B-6)

Berita Terbaru