Desa Bungai Jaya Bongkar WC Helikopter Menuju Bebas Buang Air Besar Sembarangan

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 05 September 2019 - 19:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Aparat Desa Bungai Jaya, Kecamatan Basarang, Kabupaten Kapuas, bersama lintas sektor membongkar sejumlah kakus di sungai atau oleh masyarakat setempat biasa disebut WC helikopter.

Pembongkaran yang dilakukan pada Kamis, 5 September 2019, itu untuk menuju Open Defecation Free atau bebas buang air besar sembarangan.

Proses pembongkaran dipimpin Kepala Desa Bungai Jaya Kadiman bersama Camat Basarang, Babinsa, Babinkamtibmas, dan petugas Puskesmas Basarang. Hadir juga mahasiswa KKN UPR.

"Kami membongkar WC 'helikopter' tersebut karena dari Desa Bungai Jaya dan Dinas Kesehatan Kabupaten kapuas sudah memberi stimulan bangunan WC buat warga sebanyak 20 puluh rumah tangga," ujar Kadiman.

"Mereka mendapatkan bantuan closed, pipa, safety tank, semen, dan seng. Jadi jamban atau WC helikopter itu dibongkar untuk diganti dengan bangunan yang lebih sehat," lanjut dia.

Kadiman menambahkan bahwa untuk wilayah pasar akan diselesaikan dengan Dana Alokasi Khusus atau DAK dari Dinas PUPR Kapuas sebesar Rp 400 juta.

"Maka dengan demikian pada tahun ini dipastikan Bungai Jaya akan ODF. Sesuai dengan program Pemerintah Kabupaten Kapuas," tuturnya.

Di sisi lain, dia menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam menyukseskan Desa Bungai Jaya bisa bebas buang air besar sembarangan. "Karena tanpa peran semuanya, ini akan sulit terwujud," ucapnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-3)

Berita Terbaru