Camat Cempaga Pimpin Pemadaman Kebakaran Lahan

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 09 September 2019 - 19:42 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Plt Camat Cempaga, Dedy Purwanto memimpin proses pemadaman kebakaran lahan di wilayahnya, tepatnya di Desa Cempaka Mulia Timur, Senin, 9 September 2019.

"Hari ini bersama unsur muspika, danramil, polsek, masyarakat, dan perusahaan kami melakukan pemadaman. Semoga kebakaran lahan tidak meluas," kata Dedy Purwanto.

Proses pemadaman itu juga menggunakan peralatan kecamatan, sekaligus turut dibantu Brigadi Pengendalian Karhutla yang dibentuk BPBD di setiap kecamatan.

"Tadi juga dibantu masyarakat sekitar. Ini merupakan wujud kepedulian warga Cempaga yang tidak ingin di wilayahnya terjadi kebakaran lahan," jelas Dedy.

Dedy mengatakan belum diketahui penyebab kebakaran lahan itu. Pihaknya akan berkoordinasi dengan kepolisian dan satgas mengungkap penyebabnya.

"Kami belum tahu apakah lahan ini terbakar atau sengaja dibakar. Itu sudah ranah penyelidikian kepolisian. Yang pasti, pemerintahan kecamatan selalu siaga dalam menanggulangi kebakaran lahan di wilayah Cempaga," tegasnya.

Dalam kesempatan itu, dia juga menyampaikan imbauan untuk kesekian kalinya kepada masyarakat, agar tidak ada yang membuka lahan dengan cara dibakar.

"Selalu kami sampaikan melalui berbagai kesempatan kepada masyarakat, agar jangan ada yang membakar lahan. Imbauan itu juga kami sampaikan melalui koordinasi dengan sesama unsur muspika," katanya.

Selain itu, pria yang juga Kabag Protokol dan Komunikasi Publik itu mengingatkan kepada masyarakat, untuk selalu mengenakan masker jika harus beraktivitas di luar rumah saat kabut asap melanda. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru