Pemkab Murung Raya Diminta Proaktif Tangani Kabut Asap 

  • Oleh Syahriansyah
  • 10 September 2019 - 17:46 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Murung Raya diminta proaktif tangani kabut asap yang disebabkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Meski Kabupaten Murung Raya hanya terkena dampak karhutla dari daerah lain, kabut asap yang muncul tetap hatus menjadi perhatian. Pasalnya, banyak warga yang mulai mengeluhkan gangguan pernapasan serta gangguan jarak pandang.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Murung Raya Imanudin mengatakan, ada beberapa langkah yang perlu terus dilakukan selama mengahadapi bencana kabut asap.

"Pemkab Murung Raya melalui beberapa instansi terkait harus terus lakukan sosialisasi untuk penanganan karhutla. Sehingga dapat mendeteksi secara dini wilayah rawan kebakaran. Kemudian Dinas Kesehatan juga terus membagikan masker kepada masyarakat hingga ke perdesaan," tutur anggota dewan dari Fraksi PKS ini, Selasa, 10 September 2019.

Di samping itu, ia mengingatkan kepada masyarakat agar tidak membakar lahan, baik itu skala kecil maupun besar, terutama saat bencana kabut asap ini masih berlansung.

"Masyarakat juga bisa memahami dampak akibat terjadinya karhutla. Sehingga kita terus sampaikan agar masyarakat tidak melakukan pembakaran lahan serta berhati-hati membuang sesuatu pada lahan kering agar tidak memicu terjadinya karhutla," tutupnya. (RIANSYAH/B-3) 

Berita Terbaru