Anggota DPRD Kapuas Minta Pemkab Bina dan Bersinergi dengan Organisasi Masyarakat

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 10 September 2019 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Anggota DPRD Kabupaten Kapuas Rosihan Anwar meminta pemkab terus membina dan bersinergi dengan organisasi masyarakat atau ormas dan lembaga swadaya masyarakat (LSM).

Menurut politisi Partai Keadilan Sejahtera atau PKS itu, pemerintah kabupaten harus lebih lekat lagi dalam pembinaan ormas. Karena mereka adalah aset.

"Pemerintah daerah harus melihat ormas itu sebagai aset. Tentu pembinannya harus lebih melekat, dengan terus bersinergi untuk membangun daerah ini," ujar Rosihan kepada wartawan, Selasa, 10 September 2019.

Lebih lanjut, dia juga menyarankan ke depannya dalam pembinaannya dapat disesuaikan dengan latar belakang atau tujuan dari terbentuk ormas tersebut. Karena ada banyak sektor yang mereka bidangi.

"Jadi, ormas yang ada itu dari berbagai sektor. Sehingga memiliki kepentingan berbeda. Jadi pembinaannya harus begitu juga. Misalnya ada ormas bergerak sektor kehutanan. Lalu dikumpulkan dan dibina. Siapa yang membina? Ya instansi terkait, misalnya SOPD kehutanan," katanya.

"Bisa juga DPRD, dalam hal ini. Jadi jangan hanya di Badan Kesbangpol saja," lanjutnya.

Ia berharap, pembinaan ormas terus dilakukan dengan optimal. "Karena terus terang saja jika ormas tidak dibina bisa muncul masalah. Karena salah satu saling mencurigai. Tetapi kalau semuanya bersinergi bersama untuk membangun daerah ini, saya pikir ormas ini memang harus ada," tuturnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-3)

Berita Terbaru