Dinkes Kalteng Bentuk EMT Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Masyarakat

  • Oleh Agus Priyono
  • 11 September 2019 - 21:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Dinas Kesehatan atau Dinkes Kalteng membentuk EMT (Emergency Mobile Team) dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat terutama pada saat kabut asap seperti sekarang ini di seluruh wilayah Kalteng.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Provinsi Kalteng, Endang Sri Lestari mengatakan, program tersebut merupakan insiasi dari Dinkes Provinsi Kalteng. Anggota yang tergabung dalam tim selain dari Dinkes Kalteng, juga dari RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya, dan juga RSJ Kalawa Atei.

Ia mengatakan, EMT tersebut difungsikan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang jauh dari tempat pelayanan kesehatan seperti puskesmas atau pun posko lainnya. Terlebih masyarakat yang tidak mampu.

“Kami jemput bola, bagi masyarakat yang jauh dari puskesmas tidak memiliki biaya ataupun kedaraan itu target kami. Jadi kami yang datang menghampiri dan meyalurkan obat-obatan,” ujar Endang, Rabu, 11 September 2019.

Selain itu, Dinkes Kalteng, juga menginisiasi pembentukan rumah oksigen di wilayah-wilayah terdampak ISPA. Rumah oksigen tersebut akan dicanangkan di tiap rumah sakit di Kabupaten/Kota di Kalteng dan juga tempat-tempat tertentu yang akan disediakan.

“Dalam memberikan pelayanan kesehatan, salah satunya mengatasi masalah ISPA ini kami menginiasi adanya rumah oksigen. Namun untuk saat ini, rumah oksigen yang sudah aktif baru di RSUD Doris Sylvanus,” pungkasnya. (AGUS/B-2)

Berita Terbaru