Sekolah Disarankan Pasang Kipas Angin atau AC untuk Hindari Kabut Asap

  • Oleh Budi Yulianto
  • 12 September 2019 - 18:52 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Pendidikan Kalimantan Tengah, Slamet Winaryo menyarankan pihak sekolah agar bisa memasang kipas angin atau AC di ruang kelas untuk menghindari kabt asap. 

Selain itu, pintu dalam ruangan juga harus ditutup rapat, sehingga kabut asap yang sedang menyelimuti dapat dicegah, minimal tidak dapat masuk. 

"Ruang kelas bisa dipasang kipas angin, AC dan sediakan tabung oksigen. Kami juga menyediakan masker," kata Slamet, Kamis, 12 September 2019.

Dia menuturkan di tengah musibah ini, jam masuk sekolah diundur juga sudah diberlakukan. Tentunya hal itu tetap menyesuaikan kondisi cuaca berikut ditentukan atas dasar kesepakatan bersama.

Soal diliburkan, dia menyebut belum diberlakukan. Ini karena ia berkeyakinan bahwa kondisi cuaca masih fluktuatif. 

"Justru yang berbahaya itu ketika diliburkan karena tidak terkontrol. Misalnya di rumah malah berkeliaran. Oleh sebab itu, sepanjang tidak berbahaya bagi keselamatan, maka yang perlu adalah menjaga dengan memakai masker, ruang kelas ditutup, pasang kipas angin, AC dan sediakan oksigen," ungkapnya.

"Kemudian, tidak ada pelajaran di luar kelas. Jadi harus dalam kelas supaya anak-anak tidak terpapar asap," tuturnya. (BUDI YULIANTO/B-6)

Berita Terbaru