Ketua DPRD Murung Raya Minta Investor Berperan Aktif terhadap Dampak Kabut Asap

  • Oleh Syahriansyah
  • 16 September 2019 - 15:26 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Ketua DPRD Murung Raya (Mura) minta investor baik tambang batu bara maupun perkebunan berperan aktif terhadap dampak kabut asap. 

Menurutnya, kondisi dampak kabut asap ini memprihatinkan meskipun di Kabupaten Mura sendiri masih tidak terlalu parah. Namun, harus ada langkah yang telah diambil terutama peran para investor yang turut andil dalam mengawasi lahan diwilayah mereka beroperasi. 

"Tentu peran seluruh investor harus ada untuk melakukan pengawasan terhadap beberapa lahan yang ada disektor kerja operasi mereka sehingga dalam melakukan menekan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla)," katanya, Senin, 16 September 2019.

Ia juga mengatakan bahwa langkah pihak pemerintah provinsi maupun kabupaten harus didukung dan dilaksanakan dilapangan guna mencegah semaksimal mungkin dampak kabut asap yang sudah semakin mengganggu kondisi kesehatan masyarakat.

"Dari pihak eksekutif ada Tim Brigade Karhutla yang ditempatkan disetiap kecamatan yang melekat pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kita harapkan mereka aktif melakukan pencegahan dan pemadaman," lanjut Ketua DPRD Mura yang baru saja dilantik ini. 

Ia juga mendukung Pemerintah Provinsi Kalteng sudah memberikan surat edaran terkait mengurangi dampak bencana kabut asap dengan meliburkan aktivitas belajar mengajar di seluruh sekolah. (RIANSYAH/B-5) 

Berita Terbaru