Anggota DPRD Kapuas: Keberadaan Sumur Bor Efektif Tanggulangi Karhutla

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 16 September 2019 - 22:06 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Anggota DPRD Kapuas, Franco B Dehen menyebut pentingnya keberadaan sumur bor untuk menanggulangi kebakaran hutan dan lahan atau karhutla dan ketersediaan air bagi masyarakat saat musim kemarau.

Menurut politisi PDI Perjuangan ini keberadaan sumur bor di kawasan gambut, khususnya pada kawasan rawan kebakaran hutan dan lahan dipercaya sebagai langkah pencegahan dan penanggulangan Karhutla.

Dia berharap ke depan keberadaan sumur bor diperhatikan oleh pemerintah, karena sebagai langkah dalam penanggulangan Karhutla karena sumber air kerap sulit dijangkau saat musim kemarau.

"Warga juga membutuhkan air bersih dalam bentuk sumur bor," ucap Franco kepada wartawan, Senin, 16 September 2019.

Dia mengatakan dengan adanya sumur bor maka tidak hanya membuat penanggulangan kebakaran lahan bisa dilakukan. Tapi juga membawa manfaat lain untuk pemenuhan kebutuhan air bersih bagi warga.

Tapi tetap sarana pendukung lainnya penting seperti pompa air digunakan dan pada prinsipnya, sumur bor menyedot air di bawah permukaan itu kuat.

"Ke depan kami harapkan keberadaan sumur bor ini tentu perlu jadi perhatian, karena bisa memiliki fungsi ganda untuk antisipasi karhutla juga kebutuhan air bersih bagi warga," tukasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-6)

Berita Terbaru