Disnakertrans Kalteng Gelar Pelatihan Peningkatan Produktivitas di Gunung Mas

  • Oleh Magang 1
  • 16 September 2019 - 20:42 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi atau Disnakertrans Kalimantan Tengah menggelar pelatihan peningkatan produktivitas di Gunung Mas, Senin, 16 September 2019. Kegiatan itu akan berlangsung hingga 20 September 2019.

Pelatihan ini difasilitasi oleh Distanakerkop dan UKM Kabupaten Gunung Mas, dengan diikuti oleh 25 orang pelaku usaha di Gumas.

Kepala Disnakertrans Kalimantan Tengah Syahril Tarigan dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kepala Distranakerkop dan UKM Kabupaten Gunung Mas, Letus Guntur, mengatakan, peningkatan produktivitas UKM/perusahaan dan peningkatan kesejahteraan pekerja/buruh merupakan prioritas yang ingin dicapai oleh pemerintah.

“Itu dalam rangka mendorong peningkatan daya saing, kualitas dan produktivitas yang pada gilirannya dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan memperluas kesempatan kerja,” kata dia saat membuka pelatihan.

Dia menuturkan, peningkatan produktivitas ini dapat dilakukan melalui perbaikan manajemen penggunaan bahan baku secara efektif dan efisien, sehingga mampu menciptakan nilai tambah produk.

Dalam meningkatkan produktivitas perusahaan tidak lepas dari peran pekerja/buruh, yang merupakan salah satu faktor penentu produktivitas perusahaan.

Ini tentu berkaitan erat dengan persoalan upah yang menjadi sumber pendapatan utama mereka, yang digunakan untuk memenuhi kesejahteraan.

Sementara itu, Kabid Pelatihan Tenaga Kerja dan Penempatan Tenaga Kerja, Pujo Harianto mengatakan, pelatihan peningkatan produktivitas ini bertujuan untuk meningkatkan SDM, agar tercapai peningkatan hasil usaha yang maksimal.

“Narasumber yang akan mengajar kegiatan ini adalah instrukrtur produktivitas dari Disnakertrans Provinsi Kalimantan Tengah,” ucapnya. (MAGANG 1/B-11)

Berita Terbaru