Bupati Pulang Pisau Ajak Kepala SOPD Padamkan Kebakaran Hutan dan Lahan

  • Oleh James Donny
  • 19 September 2019 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Bupati Pulang Pisau, Edy Pratowo mengajak kepala SOPD untuk turut membantu pemadamakan kebakaran hutan dan lahan. Hal itu bahkan dicontohkan bupati saat membantu proses pemadaman di wilayah Tumbang Nusa yang makin meluas, Kamis 19 September 2019.

Satu hari sebelumnya, Bupati Pulang Pisau ikut berbaur dengan tim pos lapangan melakukan pemadaman di lokasi dekat jembatan layang Tumbang Nusa. 

Edy mengatakan pemadaman akan terus dilakukan, bahkan jika diperlukan pihaknya akan selalu siap turun membantu.

"Saya mengintruksikan semua kepala SOPD untuk ikut serta dalam pemadaman karhutla dan bukan untuk hari ini saja. Jika diperlukan, kami akan turun ke lapangan sampai musim kemarau selesai,” katanya. 

Untuk antisipasi kebakaran semakin meluas, dia mengharapkan masyarakat bersinergi dengan pemerintah mengantisipasi terjadinya karhutla.

"Kita tidak hentinya membuat surat imbauan. Berbagai upaya dilakukan, pemadaman melalui darat dan udara, tapi kebakaran hutan dan lahan selalu terjadi. Kita ingin masyarakat dapat mengerti, bahwa (karhutla) ini sangat merugikan semua pihak,” katanya. 

Menurutnya hukuman tegas bahkan lebih berat akan diberlakukan pemerintah jika ada oknum yang kedapatan membakar lahan dengan sengaja. (JAMES DONNY/B-11)

Berita Terbaru