DPRD Apresiasi Kerja Keras Polres Kotim Tangani Kebakaran Hutan dan Lahan

  • Oleh Naco
  • 21 September 2019 - 18:24 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota DPRD Kotawaringin Timur, Handoyo J Wibowo mengapresiasi kerja keras Polres Kotawaringin Timur dalam menangani kebakaran hutan dan lahan.

Menurutnya Polres Kotim bersama tim lain seperti dari Pemkab Kotim dan TNI, sudah maksimal dalam membantu tim penanganan kebakaran hutan dan lahan. Bahkan, Satgas Karhutla dibantu dengan tambahan satgas khusus dari polisi.

Bahkan petugas siang maupun malam baik dari personel anggota hingga perwiranya turun ke lapangan. Dia berharap ini bisa sebagai contoh agar stakeholder lainnya bisa turun terlibat dalam menghadapi musibah asap ini.

Handoyo mengatakan, selain terlibat dalam pemadaman api, ia juga mendukung langkah tegas pihak kepolisian dalam menangani dan mengungkap pelaku kebakaran hutan dan lahan.

"Apalagi sudah sangat jelas seperti yang disampaikan dalam rapat dengar pendapat dengan mahasiswa, BPBD menegaskan sebagian besar kebakaran itu akibat ulah manusia," tegasnya.

Dia juga mendukung langkah tegas pihak kepolisian baik itu kepada kalangan korporasi maupun perorangan, bilamana terbukti membakar hutan dan lahan.

"Karena jauh-jauh hari pihak kepolisian sudah sering kali mengingatkan saat musim kemarau baik melalui sosialisasi datang langsung ke masyarakat hingga melalui media lain melarang membakar lahan," tegas Handoyo, Sabtu, 21 September 2019.

Handoyo juga meminta partisipasi masyarakat untuk aktif membantu aparat kepolisian jika ada menemukan siapa saja membakar lahan agar langsung melaporkannya ke aparat.

"Apakah itu perseorangan atau perusahaam jika menemukan membakar hutan atau lahan harap dilaporkan," tandasnya. (NACO/B-11)

Berita Terbaru