Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Polda Kalteng Panggil Empat Orang Penyebar Hoax Kayau Tumbal Pembangunan Jembatan Bukit Rawi

  • Oleh Arnoldus Maku
  • 22 September 2019 - 10:04 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya- Empat kaum milenial yang menyebarkan berita bohong tentang pencarian kepala manusia untuk tumbal pembangunan jembatan Bukit Rawi harus berurusan dengan bidang humas Polda Kalteng, Sabtu 21 September 2019.

Muda mudi asal Kabupaten Pulang Pisau tersebut menyebarkan berita tentang Kayau melalui akun media sosial baik facebook maupun whatsup secara berantai.

"Empat orang yang kami panggil karena menyebarkan berita bohong dan meresahkan yaitu Hn (22 th), Wi (20 th) dan Dy (18 th) dan Wi(19)," ujar Kabid Humas Polda Kalteng, Kombes Pol Hendra Rochmawan, Minggu 22 September 2019.

Mantan Kapolres Palangka Raya tersebut manambahkan, tiga pemuda yang dipanggil itu semuanya tamat SMA sementara yang satunya mahasiswi dari salah satu kampus ternama di Palangka Raya.

Dari hasil patroli cyber dan juga keterangan dari keempat orang tersebut Hendra menerangkan sumber berita yang diperoleh mereka sangat bervariasi.

"Wi mendapatkan informasi tersebut dari adiknya yang masih sekolah di SMAN Banama Tingang. Sementara adiknya mendapatkan informasi tersebut dari teman sekolahnya yang katanya sepupunya dihadang orang di Bukit Rawi," ujar Hendra.

Lanjutnya, Sedangkan Di, Wi dan Hn mendapatkan informasi dari akun facebook Wi.

Usai dipanggil dan meminta keterangan tentang hoax tersebut, Bidhumas kemudian melakukan pembinaan terhadap empat pelaku penyebar hoaks agar mereka bijak bermedia sosial.

“Sebagai sanksi sosial, mereka kami perintahkan untuk membuat pernyataan permohonan maaf dan berjanji tidak mengulanginya lagi baik secara tertulis maupun lisan, kemudian kita viralkan agar menjadi pelajaran bagi warganet yang lain,” pungkasnya. (ARNOL/B-2)

Berita Terbaru