Wakil Bupati Barito Utara Optimistis Kabut Asap Bisa Dikurangi

  • Oleh Ramadani
  • 22 September 2019 - 14:42 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Wakil Bupati Barito Utara, Sugianto Panala Putra optimistis jika kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) bisa dikurangi.

Menurutnya dengan adanya dukungan dan peran serta dari semua pihak baik petugas keamanan yakni TNI dan Polri, pemerintah daerah, swasta dan masyarakat maka hal itu bisa terjadi.

"Semoga kebakaran hutan bisa kita minimalisasi, karena tim pengamanan siaga 24 jam di posko dan kami harapkan peran masyarakat yang membantu baik dengan melaporkan maupun dengan tidak membakar lahan untuk membuka lahan pertanian," kata Sugianto, Minggu 22 September 2019 setelah meninjau Posko Siaga Darurat Karhutla di halaman Polres Barito Utara.

Dikatakan, bencana kabut asap yang melanda sebagian wilayah Kalimantan Tengah khususnya di Kabupaten Barito Utara mengakibatkan pencemaran udara dan mengganggu pernapasan.

Kabut asap juga mengganggu aktivitas warga. Pemerintah Kabupaten Barito Utara telah mendirikan Posko Pengamanan Siaga Karhutla.

Dia mengingatkan kepada petugas untuk tetap menjaga stamina dan kebugaran. "Hal ini mengingat kondisi dan cuaca sering berubah-ubah. Mohon kepada petugas untuk bisa menjaga kesehatan," ujarnya. (RAMADHANI/B-6)

Berita Terbaru