Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Inilah Penyebab Perubahan APBD Kabupaten Barito Utara

  • Oleh Ramadani
  • 24 September 2019 - 19:26 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Bupati Barito Utara H Nadalsyah mengatakan bahwa ada beberapa hal penyebab terjadinya perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah atau APBD Kabupaten Barito Utara.

Pertama, kata dia, perkembangan yang tidak sesuai dengan asumsi Kebijakan Umum Anggaran (KUA). Kedua, keadaan yang menyebabkan harus dilakukan pergeseran anggaran antar unit organisasi, antar kegiatan  dan antar jenis belanja.

Ketiga, keadaan yang menyebabkan saldo anggaran lebih tahun sebelumnya harus digunakan dalam tahun berjalan. Keempat, keadaan darurat. Kelima keadaan luar biasa.

“Berdasarkan beberapa hal tersebut, maka pemerintah daerah mengajukan rancangan peraturan daerah APD dan nota keuangan perubahan yang disusun berdasarkan keadaan riil dan kebutuhan yang sangat prioritas,” katanya, Selasa 24 September 2019.

Namun, kata dia, semua itu harus tetap memperhatikan beberapa hal yakni adanya kebijakan pemerintah yang bersifat strategis dan prioritas, adanya kegiatan yang sangat mendesak penanganannya.

Selanjutnya, adanya usulan-usulan dari semua pihak yang sangat perlu untuk diperhatikan, penyesuaian terhadap tingkat nflasi dan eskalasi harga yang ditetapkan berdasarkan kebijakan pemerintah, serta kegiatan yang direncanakan memperhitungkan sisa waktu pelaksanaan.

Nadalsyah mengatakan, perubahan APBD tahu anggaran 2019 yang diajukan kepada DPRD adalah salah satu perwujudan rencana kerja daerah yang memuat program dan kegiatan APBD yang mengacu pada prinsip anggaran yakni transparansi dan akuntabilitas anggaran, disiplin anggaran, keadialan anggaran, efisiensi dan efektivitas anggaran.

“Perubahan APBD ini merupakan kegiatan reguler untuk melaksanakan tugas pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat,” jelasnya.(RAMADHANI/B-2)

Berita Terbaru