Ini Modus YR Maling Spesialis Rumah Kosong Beraksi di Palangka Raya

  • Oleh Agus Priyono
  • 25 September 2019 - 00:34 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Kapolres Palangka Raya AKBP Timbul RK Siregar membeberkan modus YR (22) tersangka spesialis pembobol rumah kosong yang sering beraksi di Palangka Raya, hingga berhasil membobol 6 rumah dalam satu bulan.

Kapolres menjelaskan, awalnya tersangka akan melakukan mobilisasi dengan menggunakan sepeda motor yang menurut pengakuan tersangka adalah milik temannya terseut. Dia berkeliling dari pagi hingga malam hari untuk mencari rumah yang bisa menjadi target operasinya.

Usai mendapatkan rumah yang menjadi targetnya, tersangka lalu mengamati lingkungan sekitar rumah tersebut untuk memastikan kondisinya sebelum aksi pencurian tersebut dilancarkan. Setelah menilai setuasi aman, pelaku lalu mengambil obeng yang sudah dia persiapkan dan membobol rumah tersebut dengan cara mencongkel jendela rumah tersebut.

Setelah berhasil masuk ke dalam rumah, pelaku lalu mengambil barang-barang berharga milik korban yang mudah dibawa. Setelah itu pelaku lalu kabur dengan membawa hasil curiannya yang sudah dia masukkan ke dalam ransel yang dibawanya.

“Pelaku beraksi kadang pagi saat orang pergi bekerja atau pada malam hari, yang pasti dia memastikan bahwa rumah yang menjadi targetnya itu kosong,” jelas Timbul, Selasa, 24 September 2019.

Pelaku kini sudah berhasil diamankan oleh tm gabungan dari Polres Palangka Raya dan Polsek Pahandut di Jalan Temanggung Tilung, Palangka Raya sesaat sebelum melakukan aksinya lagi. Pelaku pun terpaksa dilupuhkan dengan sebuah tembakan di Kaki kirinya karena melawan dan mencoba kabur saat akan ditangkap oleh polisi. (AGUS/B-2)

Berita Terbaru