Wakil Bupati Katingan Pimpin Ekspos Laporan Penyusunan Peta Rawan Bencana

  • Oleh Abdul Gofur
  • 25 September 2019 - 12:02 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Wakil Bupati Katingan, Sunardi Litang memimpin rapat ekspos laporan penyusunan peta rawan bencana, Rabu 25 September 2019.

Selain sejumlah SOPD terkait, rapat ekspos laporan penyusunan peta rawan bencana ini juga dihadiri pihak USAID Lestari, dan pihak Taman Nasional Sebangau.

Menurut Sunardi pada musim kemarau 2019 ini sejumlah wilayah kecamatan yang ada di daerahnya terkena bencana kekeringan dan kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla.

Terkait kebakaran hutan dan lahan ini, Pemerintah Kabupaten Katingan telah berupaya melakukan pencegahan karhutla ini, termasuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak membakar hutan dan lahan.

Namun kebakaran hutan dan lahan tampaknya tidak bisa dihindari karena di beberapa wilayah hingga saat ini masih terjadi karhutla.

Mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan, Pemkab Katingan bersama TNI/Polri dan masyarakat peduli api telah membentuk tim gabungan yang berkantor di Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD.

Tim gabungan ini setiap hari terus melakukan patroli dan pemadam karhutla terutama di daerah rawan.

Menurutnya hingga saat ini sebagian wilayah Kecamatan Katingan Hilir, Tasik Payawan, Kamipang, Mendawai dan Katingan Kuala masih terdapat titik api. Sedangkan bagian hulu juga masih ada, namun jumlahnya tidak sebanyak di wilayah hilir.

Selain masalah kebakaran hutan dan lahan, wilayah Kabupaten Katingan sejauh ini juga dinilai rawan banjir. Namun banjir di Katingan sejauh ini terkesan hanya air numpang lewat.

Terjadinya banjir seperti sebelumnya di sejumlah daerah di Katingan, itu karena luapan Sungai Katingan.

Berita Terbaru