Fraksi ARKS Minta Pemkab Barito Utara Percepat Pembangunan Fasilitas Cuci Darah

  • Oleh Ramadani
  • 25 September 2019 - 20:30 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Salah satu  fraksi gabungan DPRD Kabupaten Barito Utara yakni fraksi Amanah Rakyat Karya Sejahtera atau ARKS minta Pemkab Barito Utara percepat pembangunan fasilitas cuci darah.

Hal itu disampaikan juru bicara fraksi ARKS, Rosi Wahyuni dalam sidang paripurna, Rabu 25 September 2019. Catatan dan masukan ini diberikan setelah memperhatikan pidato pengantar Bupati Barito Utara serta raat gabungan komisi dengan pemerintah daerah terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang APBD perubahan Kabupaten Barito Utara Tahun Anggaran 2019.

Rosi Wahyuni menyampaikan, catatan dan masukan fraksi ARKS mengenai Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), khususnya RSUD Muara Teweh, untuk mempercepat pembangunan fasilitas cuci darah dan segera memfungsikannya.

Sehingga, kata dia, masyarakat Barito Utara yang akan melakukan cuci darah tidak perlu lagi ke rumah sakit luar daerah. “Karena selama ini, masyarakat yang akan melakukan cuci darah harus pergi ke rumah sakit yang ada di luar daerah seperti Palangka Raya dan Banjarmasin,” terangnya.

Selanjutnya, adapun mengenai beberapa usulan-usulan DPRD Barito Utara untuk kepentingan masyarakat Bumi Iya Mulik Bengkang Turan yang belum bisa diakomodir oleh pemerintah daerah dalam Raperda APBD Perubahan tahun anggaran 2019 agar dapat dimasukkan dalam raperda APBD Murni tahun anggaran 2020 nanti.

Selain itu, kata Rosi, fraksi ARKS juga berharap agar pemerintah daerah lebih cermat dalam menyusun rencana anggaran. Jangan sampai anggaran yang telah disepakati bersama tidak dapat terserap dengan baik, sehingga menjadi Silpa. “Karena hal ini sangat berdampak terhadap masyarakat,” pungkasnya. (RAMADHANI/B-2)

Berita Terbaru