Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Potensi Angin Kencang Masih Ada Walau Musim Kemarau

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 01 Oktober 2019 - 17:36 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Walau musim hujan akan mulai masuk pada pertengahan Oktober, BMKG Palangka Raya menegaskan potensi angin kencang masih ada untuk saat ini.

“Meski saat ini masih musim kemarau, angin kencang kemungkinan tetap akan terjadi,” kata Prakirawan BMKG Palangka Raya Muhammad Arif Rahman, Selasa 1 Oktober 2019.

Ia mencontohkan seperti kejadian beberapa hari lalu, angin kencang menumbangkan pohon di kawasan Jalan dr Murjani beberapa saat sebelum terjadinya hujan.

Menurut dia, angin kencang tersejadi secara dinamis, karena pergerakan angin di dalam awan Cumulonimbus atau awan hujan yang telah memasuki tahap matang. 

“Peralihan musim nanti biasanya juga diikuti dengan kejadian ekstrim seperti hujan lebat yang dapat disertai petir atau kilat dan angin kencang,” tambahnya.

Pihaknya terus memantau perkembangan musim kemarau dan awal musim hujan lewat pemantauan jumlah curah hujan. 

Potensi hujan, lanjutnya, akibat kondisi atmosfir yang basah dan daerah pertemuan angin menyebabkan pertumbuhan awan konvektif cukup signifikan selama periode akhir musim kemarau.

“Kami dapat menyatakan awal musim hujan telah masuk jika kategori jumlah curah hujan sudah memenuhi kriteria musim hujan,” tutupnya. (HERMAWAN DP/B-6)

Berita Terbaru