Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bangunan Sejarah Kehidupan Warga Tionghoa Jadi Ikon Wisata Kelurahan Raja Seberang

  • Oleh Wahyu Krida
  • 01 Oktober 2019 - 22:32 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Ragam sejarah kehidupan warga Tionghoa yang bermukim  di Kelurahan Raja Seberang, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), berpotensi jadi ikon pengembangan wisata di kelurahan tersebut.

Bupati Kobar Nurhidayah, Selasa, 1 Oktober 2019, mengatakan banyaknya bangunan eksotis khas warga Tionghoa di Kelurahan Raja Seberang, merupakan potensi wisata yang bakal dikembangkan ke depan.

"Contohnya bangunan tua eks Sekolah Rakyat (SR) yang sekarang ini kondisinya sangat memprihatinkan. Rencananya bangunan tersebut bakal dipugar agar bisa dimanfaatkan sebagai fasilitas publik," ujar Bupati.

Karena, lanjut Bupati, bangunan yang eksotis tersebut bila sudah dipugar, tentunya bisa dimanfaatkan sebagai gedung pertemuan, arena seni budaya masyarakat, serta kegiatan masyarakat secara umum.

"Untuk masalah kepemilikan aset bangunan itu akan segera kita telusuri. Apakah aset Pemkab Kobar, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, atau sudah beralih fungsi," sebutnya.

Sebab, menurut Bupati, arah pengembangan potensi wisata di Kelurahan Raja Seberang yaitu menonjolkan ciri khas warga Tionghoa.

"Seperti kita ketahui bersama, dulu di Kelurahan Raja Seberang ini banyak bermukim warga Tionghoa. Nantinya bangunan-bangunan yang ada, akan kita kembangkan menjadi objek wisata yang bisa menambah keragaman khazanah budaya di Kabupaten Kobar," sebutnya. (WAHYU KRIDA/B-3)

Berita Terbaru