Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Status Tanggap Darurat Turun Jadi Transisi Darurat ke Pemulihan Bencana Karhutla

  • Oleh Budi Yulianto
  • 02 Oktober 2019 - 23:16 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah menurunkan status tanggap darurat menjadi transisi darurat ke pemulihan bencana kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla.

Ini disampaikan Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran melalui Plt Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran atau BPBPK Provinsi Kalimantan Tengah, Mofit Saptono Subagio dalam rapat evaluasi pada Rabu, 2 Oktober 2019.

"Status tanggap darurat bencana kebakaran hutan dan lahan di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah yang berakhir pada tanggal 30 September 2019 dinyatakan berakhir dan tidak diperpanjang atau dicabut," kata Mofit.

"Kemudian, terhitung mulai 1 Oktober 2019 sampai dengan 31 Oktober 2019 ditetapkan status transisi darurat ke pemulihan bencana kebakaran hutan dan lahan di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah," imbuhnya.

Sebelumnya, pemerintah Provinsi Kalteng menetapkan status tanggap darurat bencana kebakaran hutan dan lahan didasari penetapan status tanggap darurat oleh Wali Kota Palangka Raya dan Bupati Kotawaringin Timur.

Namun memperhatikan kondisi saat ini, wali kota telah mencabut status tanggap darurat dan menetapkan status transisi darurat ke pemulihan. Berbeda dengan wilayah Kotim yang belum mencabut status tanggap darurat.

"Tetapi sesuai dengan Peraturan Gubernur Kalimantan Tengah Nomor 24 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Penanganan Darurat Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan di Wilayah Provinsi Kalimantan Tengah, jika pemerintah Kota Palangka Raya telah mencabut status tanggap darurat, maka pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah juga dapat mencabut status tanggap darurat dan menetapkan status transisi darurat ke pemulihan," tuturnya. 

Meski demikian, upaya penanggulangan tetap dilakukan. Petugas juga tetap standby di lapangan. (BUDI YULIANTO/ADV/B-3)

Berita Terbaru