Kapolda Kalteng Minta Korporasi Koordinasi dengan Kepolisian untuk Cegah Karhutla

  • Oleh Arnoldus Maku
  • 04 Oktober 2019 - 09:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kapolda Kalteng, Irjen Pol Ilham Salahudin mengingatkan kepada pihak korporasi selalu berkoordinasi dengan kepolisian dan pihak terkait lainnya, dalam rangka mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan. 

"Pencegahan karhutla menjadi agenda paling utama dan penting. Pihak perusahaan atau korporasi agar selalu berkoordinasi, jika memang dalam upaya pencegahan karhutla ada hal yang tidak dipahami," kata Ilham Salahuddin, Jumat 4 Oktober 2019.

Dia menmabahkan, koordinasi bisa dilakukan dengan pihak pospol, polsek, dan polres. Sebab, dalam hal pencegahan karhutla, semua adalah mitra.

Selain mengingatkan tentang koordinasi, Ilham juga sangat mengharapkan untuk membentuk dan mengefektifkan secara maksimal tim pencegahan karhutla di masing-masing perusahaan. 

"Untuk yang belum memiliki tim pencegahan karhutla harap segara dibentuk. Sedangkan yang sudah membentuk tim, agar diefektifkan secara maksimal. Jangan menunggu sampai ada kebakaran terjadi," tuturnya. 

Patroli rutin harus terus dilakukan. Sosialisasi terhadap para karyawan dan masyarakat sekitar harus gencar dilakukan. 

"Harapan kita, agar persoalan karhutla di Kalteng bisa dapat diantisipasi dan dicegah semaksimal mungkin," pungkasnya. (ARNOL/B-11)

Berita Terbaru