Prestasi Bidang Pendidikan Meningkat Selama Gubernur Kalteng Dijabat Sugianto Sabran

  • Oleh Budi Yulianto
  • 07 Oktober 2019 - 22:36 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Prestasi bidang pendidikan yang ditorehkan siswa sekolah menengah atas atau SMA di Provinsi Kalimantan Tengah mengalami peningkatan selama Gubernur Kalteng dijabat oleh Sugianto Sabran bersama Wakil Gubernur Habib Ismail bin Yahya.

Tidak hanya dikancah nasional, internasional pun mampu diraih setelah menumbangkan lawan-lawannya. Mereka yang menorehkan prestasi itu sudah pasti mengharumkan nama daerahnya. Bahkan sampai negaranya. 

Sebagai contoh, siswa SMAN 2 Palangka Raya yang sukses meraih medali emas berkat Juara Dunia di Seoul, Korea Selatan. Mereka adalah Yazid Rafli Akbar, Aysa Aurealya Maharani dan Anggina Rafitri.

Mereka sukses dalam karya ilmiah, obat penyembuh kanker dari tanaman Bajakah, khas Kalimantan. Di pertengahan Agustus 2019 lalu, mereka viral. 

Nama dan sekolah mereka semakin  dikenal. Bahkan sampai ke tingkat dunia. Penghargaan pun diberikan kepada mereka dari gubernur Kalteng hingga Kementerian Pendidikan.

Sejak saat itu, Bajakah semakin ramai diperbincangkan. Ramai pula orang berjualan di tepian jalan. 

Pemerintah bergegas mengeluarkan imbauan untuk tidak melakukan eksploitasi besar-besaran. Pemerintah juga mengimbau jangan menjual maupun membeli sembarangan mengingat ada ratusan jenis akar Bajakah.

Tidak hanya itu, pemerintah melakukan rapat melibatkan banyak pihak untuk melakukan penelitian akar Bajakah. Tujuannya memastikan jenis Bajakah mana yang nantinya benar-benar berfungsi sebagai penyembuh kanker. 

Prestasi terbaru lainnya ditingkat internasional kembali diukir siswa-siswi SMAN 2 Palangka Raya. Kali ini dalam Even International at Word Invention Competition and Exhibition 2019 di SEGi College, Subang Jaya 2-6 Oktober 2019.

Tidak tanggung-tanggung, 2 medali emas disabet plus 1 perak dan 1 perunggu. Berikut rinciannya.

Berita Terbaru