Pemkab Katingan Studi Banding ke Taman Hutan Raya Lapak Jaru Gunung Mas

  • Oleh Abdul Gofur
  • 10 Oktober 2019 - 23:20 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Pemerintah Kabupaten Katingan melakukan studi banding ke Taman Hutan Raya atau Tahura Lapak Jaru Kuala Kurun Kabupaten Gunung Mas, Kamis, 10 Oktober 2019.


Selain Wakil Bupati Sunardi Litang, turut ikut dalam studi banding ke Tahura Lapak Jaru ini juga ada Sekda Katingan Nikodemus dan Asisten II Akhmad Rubama. Rombongan Pemkab Katingan yang dipimpin Wakil Bupati Sunardi Litang ini disambut hangat oleh Bupati Gunung Mas, Jaya S Monong dan jajarannya.

Menurut Wakil Bupati Katingan, Sunardi Litang, studi banding ke Tahura Lapak Jaru ini untuk belajar dan berguru mengenai tahapan-tahapan yang dilakukan dalam proses pengusulan pembangunan dan pengelolaan Tahura yang dikelola oleh Dinas Kehutanan dan Pertanahan Kabupaten Gunung Mas.

"Sebagaimana kami ketahui bahwa Kabupaten Gunung Mas merupakan satu-satunya kabupaten di Kalimantan Tengah yang telah berhasil membangun dan mengelola Tahura sesui pelimpahan kewenangan disektor kehutanan yang menjadi urusan pemerintah atau kota berdasarkan undang-undang nomor nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah.


Wabup Sunardi juga menyampaikan bahwa Kabupaten Katingan memiliki wilayah administratif seluas kurang lebih 20.393,86 Km2 atau kurang lebih 2.039.386 hektar. Dari luas wilayah administratif itu Pemkab Katingan telah mengalokasikan wilayah administratif kurang lebih 37 persen untuk kawasan konservasi dan dipertahankan sebagai kawasan hutan.


"Serta kami telah mencanangkan visi lingkungan dan motto Kota Kasongan sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Katingan nomor4 tahun 2019," kata Wabup Sunardi Litang.(ABDUL GOFUR/m)

Berita Terbaru