Kabut Asap Beri Pengaruh Besar untuk Sektor Perdagangan, Hotel dan Restoran

  • Oleh Testi Priscilla
  • 11 Oktober 2019 - 15:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya- Ketua Tim Advisory Bank Indonesia Kalteng, Setian, mengatakan bahwa bencana kabut asap memberi pengaruh besar terhadap sektor perdagangan, hotel, dan restoran.

"Sektor perdagangan, hotel, dan restoran menurut informasi dari sejumlah hotel yang ada di Palangka Raya, kabut asap berdampak terhadap penurunan penjualan sekitar 25 persen untuk pemesanan individual," kata Setian, Jumat, 11 Oktober 2019.

Sementara itu, untuk pemesanan grup turun hingga  50 persen bila dibandingkan dengan kondisi normal di bulan-bulan sebelumnya.

"Sedangkan untuk sektor perdagangan atau departemen store, terjadinya kabut asap justru berdampak positif terhadap pertumbuhan penjualan," jelasnya.

Dari sisi traffic customer pada departemen store mengalami peningkatan. Meningkatnya traffic customer tersebut diduga merupakan perilaku masyarakat yang melakukan kunjungan ke toko untuk mendapatkan udara yang lebih segar lantaran ada ketersediaan air conditioner atau AC.

"Dari sisi inventori tidak terdapat hambatan dalam pengiriman barang via laut, baik dari Jakarta maupun Surabaya," ujarnya. (TESTI PRISCILLA/B-3)

Berita Terbaru