Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Karhutla Penyebab Air Sungai Jelai Berwarna Hijau Kebiruan

  • Oleh Norhasanah
  • 13 Oktober 2019 - 10:22 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Penyebab berubahnya warna air Sungai Jelai menjadi hijau kebiruan merupakan dampak dari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang cukup besar, sehingga saat hujan terjadi kandungan asam humat yang ada di tanah terbawa ke sungai.

"Kemarau panjang kemaren menyebabkan Karhutla. Saat kebakaran tanah mengalami proses humifikasi, sehingga menghasilkan asam humat atau humus," jelas Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sukamara, Rendy Lesmana, Minggu 13 Oktober 2019.

Asam humat bisa dibilang sebagai penyuburnya tanah atau pupuknya tanah. Saat hujan, lapisan asam humat ikut larut bersama hujan ke sungai.

"Dari perairan, asam humat memicu pertumbuhan tumbuhan air seperti eceng gondok dan ganggang atau alga hijau. Pertumbuhan ganggang atau alga hijau inilah yg menyebabkan air sungai berubah warna jadi hijau kebiruan seperti air laut," terangnya.

Menurutnya, tumbuhan tersebut mengikat oksigen yang larut dalam perairan, sehingga menyebabkan jumlah oksigen menurun drastis dan ikan kesulitan bernafas.

"Jadi kematian ikan-ikan ini bukan karena keracunan, tapi karena kekurangan oksigen, termasuk tanda fisik pada ikan terindikasi karena kekurangan oksigen," tukasnya. (NORHASANAH/B-6)

Berita Terbaru