Keluarga dan Warga Desa Ugang Sayu Bongkar Kuburan Laki-Laki Bernama Nata

  • Oleh Uriutu
  • 14 Oktober 2019 - 21:26 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Keluarga dan warga membongkar kuburan seorang laki-laki bernama Nata, 39, di Tempat Pemakaman Umum, Desa Ugang Sayu, Kecamatan Gunung Bintang Awai (GBA), Kabupaten Barito Selatan, Senin, 14 Oktober 2019 sekitar pukul 13.30 WIB.

Pembongkaran makam dilakukan untuk keperluan pemeriksaan ekshumasi dan nekropsi dalam perkara tindak pidana penggunaan senjata api tanpa izin dan karena kelalaian mengakibatkan orang meninggal dunia.

Kapolsek GBA IPTU Rahmat Saleh Simamora mengatakan, pembongkaran dilaksanakan oleh warga Desa Ugang Sayu bersama keluarga korban.

“Pembongkaran makam dilakukan untuk pemeriksaan ekshumasi dan nekropsi oleh tim dokter forensik Rumah Sakit dr Doris Silvanus Palangka Raya yang dipimpin dr Rika, serta 3 Pers Biddokes Polda Kalteng,” kata Rahmad Saleh, Senin malam.

Ia mengungkapkan, hal ini menindaklanjuti laporan kakak korban bernama Eka yang curiga dengan kematian sang adik.

Sebelumnya pada Jumat, 20 September 2019, kakak korban menerima kabar bahwa adiknya terluka di hutan Gunung Usang, Desa Bintang Ara. Kemudian pada Sabtu, 21 September 2019, rombongan menggunakan mobil membawa jenasah korban.

Pada saat memandikan jenazah, kakak korban melihat adanya kejanggalan di tubuh adiknya. Berupa luka berbentuk lubang sebesar jari di dada sebelah kiri.

Meski ada kejanggalan, korban tetap dikebumikan pada, Minggu 22 September 2019 sekitar pukul 13.00.

“Namun pada 30 September 2019, orang tua korban melayangkan surat pengaduan masyarakat ke Polsek GBA,” ungkap dia.

Menindaklanjuti pengaduan tersebut, Polsek GBA melakukan penyelidikan pada 1 Oktober 2019. Berdasarkan hasil penyelidikan, korban dinyatakan sakit di hutan saat berburu.

Berita Terbaru