Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kongkolingkong PT SKJ dan Mantan Bupati Seruyan Terungkap dalam Konstruksi Perkara Pelabuhan Teluk Segintung

  • Oleh Naco
  • 14 Oktober 2019 - 22:48 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Adanya kongkolingkong antara PT Swa Karya Jaya dengan mantan bupati Seruyan, H Darwan Ali, terungkap dalam rilis yang disampaikan KPK terkait kasus dugaan korupsi pembangunan Pelabuhan Teluk Segintung.

Berikut kontruksinya:

-Sekitar 2004, Pemerintah Kabupaten Seruyan merencanakan pembangunan Pelabuhan Laut. Rencana ini mulai direalisasikan oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Seruyan pada 2006 dengan mendirikan tiang pancang.

-Pada 2007, Dinas Perhubungan Kabupaten Seruyan mulai melakukan alokasi anggaran untuk rencana pekerjaan pembangunan Pelabuhan Laut Teluk Segintung.

-Sekitar Januari 2007, tersangka DAL (Darwan Ali) memerintahkan Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Kepala Dinas Perhubungan, dan Kepala Seksi Perumahan dan Permukiman Dinas Pekerjaan Umum agar pengadaan pembangunan Pelabuhan Laut Segintung dikerjakan oleh PT SKJ (Swa Karya Jaya).

-Diduga, Direktur  PT SKJ adalah kawan dekat DAL yang mendukungnya saat Pilkada Kabupaten Seruyan 2003.  

-Untuk menindaklanjuti perintah DAL, Panitia Lelang Pengadaan Barang atas pekerjaan pembangunan Oelabuhan Laut Teluk Segintung dibentuk. Para panitia lelang langsung diberi arahan yang membahas teknis dan langkah-langkah untuk menjadikan PT SKJ sebagai pemenang dalam lelang terbuka, dengan HPS Final Rp112,750 miliar. 

-Dalam Proses lelang yang dilakukan terdapat sejumlah kejanggalan, di antaranya: 

• Pembatasan Informasi lelang dan waktu pengambilan dokumen lelang hanya 1 hari; 

• Dokumen prakualifikasi dan penawaran lelang diduga dipalsukan, dan peserta lelang lain juga diduga direkayasa. Dokumen penawaran memiliki kemiripan dengan membedakan nilai penawaran hanya Rp2-4 Juta; 

• Pihak PT. SKJ diduga turut serta mempersiapkan beberapa dokumen palsu yang dibutuhkan tersebut; 

Berita Terbaru