Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Tanjung Balai Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Meski Sempat Hujan, Api di Lahan Gambut Bagian Dalam Masih Menyala

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 15 Oktober 2019 - 18:46 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Meski sempat beberapa kali diguyur hujan, ternyata bara api di lahan gambut bagian dalam masih menyala dan menyebabkan kabut asap.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kasi Kesiapsiagaan dan Pencegahan BPBD Kobar Pahrul Laji, yang menyebut masih terjadi kebakaran lahan di Desa Kumpai Batu Bawah.

"Akibat Kathutla di lahan gambut beberapa waktu lalu, bagian dalam gambut bara apinya masih menyala meskipun sudah diguyur hujan," ujarnya melalui pesan singkat kepada Borneonews, Selasa, 15 Oktober 2019.

Sebelumnya, penulis melihat ada heli water bombing yang mengudara di atas langit Pangkalan Bun, melihat hal tersebut lalu mencoba menghubungi petugas BPBD.

Kasi Kesiapsiagaan dan Pencegahan BPBD Kobar Pahrul Laji menambahkan, pemadaman tidak hanya melalui udara tetapi juga melalu jalur darat.

Ia menjelaskan, tidak ada penambahan hotspot baru, atau lokasi kebakaran baru, masih sisa bekas kebakaran lahan yang lalu.

"Kebakarannya masih pada titik yang kemarin, kalau beberapa hari tidak hujan apinya menyala lagi," jelasnya. (DANANG/B-2)

Berita Terbaru