Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jumlah Penderita Diare dan Muntaber Periode September - 13 Oktober Capai 656 Orang

  • Oleh Ramadani
  • 18 Oktober 2019 - 21:06 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Memasuki musim pancaroba, ratusan bayi dan balita di Kabupaten Barito Utara terserang diare dan muntaber. Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Barito Utara, jumlah penderaita diare dan muntaber selama September hingga 13 Oktober 2019 sebanyak 656 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Utara Siswandoyo, Jumat, 18 Oktober 2019, angka 656 orang tersebut merupakan pasien diare dan muntaber yang ditangani puskesmas dan RSUD Muara Teweh.

Pada September 2019, jumlah penderita diare dan muntaber sebanyak 391 orang. Sedangkan pada 1 -13 Oktober 2019, jumlah penderita sudah mencapai 265 orang.

“Rata-rata penderita diare dan muntaber adalah bayi dan balita. Karena mereka rentan terhadap penyakit. Terutama saat perubahan cuaca atau pancaroba seperti sekarang ini,” tuturnya.

Siswandoyo melanjutkan, penyebab diare dan muntaber ialah makanan dan minuman yang kurang sehat. Untuk itu, dia mengimbau masyarakat memilih makanan yang sehat dan minum air yang sudah dimasak.

“Bila air minum masyarakat tersebut dari sungai, hendaknya harus direbus terlebih dahulu. Begitu juga untuk air minum isi ulang. Sehingga air yang diminum benar-benar terbebas dari bakteri,” ungkapnya.

Pemerintah kabupaten dan Dinas Kesehatan sangat berharap masyarakat bisa menerapkan pola hidup sehat agar serangan penyakit dapat dicegah. (RAMADANI/B-3)

Berita Terbaru