Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Galakkan Budidaya Ikan Jelawat di Kotim

  • Oleh Naco
  • 19 Oktober 2019 - 12:22 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Komisi II DPRD Kotawaringin Timur (Kotim), Parimus meminta agar Pemkab memberdayakan dengan baik para peternak ikan, sehingga Ikan Jelawat yang jadi ikon kota itu bisa dibudidayakan.

Parimus sangat mendukung pemerintah kabupaten meningkatkan produksi usaha peternak ikan di sungai, terlebih ikan Jelawat.

Menurutnya pengembangan sektor peternakan ikan di Kotim memang sangat bisa diandalkan baik dengan kolam hingga tambak sungai.

Namun sayangnya selama ini sektor itu belum tergarap maksimal, sehingga harus didorong secara terus menerus.

Hal demikian melihat pasokan ikan Jelawat bisa sampai kosong. Bahkan ada sejumlah petambak yang mengelola usahanya apa adanya karena minimnya dukungam pemerintah.

"Selain itu juga selama ini kita masih mengandalkan pasokan Jelawat dari daerah lain untuk memenuhi kebutuhan lokal," kata Parimus, Sabtu 19 Oktober 2019.

Parimus sepakat jika petani ikan keramba memang jadi salah satu program pemerintah ke depannya. Artinya mereka difasilitasi mulai dari diberikan bibit, pakan hingga kepada proses penjualannya nanti dibantu pemerintah.

Selain itu program tersebut sejalan dengan upaya pemerintah yang saat ini gencar mensosislisasikan ikan jelawat sebagai karakter khusus dari Kotim.

Parimus berharap kedepannya Pemkab Kotim memiliki komitmen yang sama untuk perhatian baik kelompok tani hingga kelompok usaha ternak. Karena melalui program itu salah satu upaya untuk menjadikan masyarakat bisa sejahtera dan memiliki penghasilan yang layak.

"Jangan kita punya Ikon Jelawat tapi saat dicari ikannya tidak ada," pungkasnya. (NACO/B-6)

Berita Terbaru